Kamis, 27 April 2017

Cara Tepat Menjinakan Otter atau Berang Berang Liar

Cara menjinakan otter atau berang berang

Cara menjinakan otter atau berang berang - Seperti yang kita ketahui, otter merupakan binatang liar maka sudah pasti instingnya seperti hewan-hewan liar lain pada umumnya yaitu galak. Biasanya hewan liar atau galak akan suka menggigit, mencakar, dan lain - lain. Karena itu sangat beresiko memelihara hewan liar jika tidak mendapatkan informasi yang tepat untuk menjinakannya.

Usia yang tepat untuk mengadopsi otter atau berang berang yaitu 3-4 bulan. Dan di usia ini pula sangat tepat untuk menjinakan otter tersebut. Sebelum usia tersebut tidak dianjurkan untuk pemula karena baby otter usia dibawah 3 bulan sangat rentan mati jika tidak ditangani oleh orang yang sudah berpengalaman.

Baca juga : Ini Dia Cara Paling Tepat Merawat Otter Peliharaan

Mamalia yang satu ini mempunyai perilaku yang sangat menggemaskan jika sudah jinak. Otter bisa menjadi seperti anjing yang mematuhi majikannya dan senang bermain-main. Dibutuhkan kesabaran, tekad, dan konsisten untuk merawatnya, selain itu Anda juga perlu memperhatikan cara menjinakan otter atau berang berang berikut ini.

Tips Menjinakan Otter atau Berang - Berang

1. Seperti saat Anda akan memelihara kucing, anjing, dan hewan lainnya pasti Anda harus menyiapkan nama panggilan. Hal ini sangat penting untuk berinteraksi dengan otter tersebut.

2. Jangan takut untuk menyuapinya dengan memberi makanan menggunakan tanggan (handsfeed). Anda bisa melakukan hal ini sesering mungkin agar lebih "akrab" dan si otter mengerti bahwa Anda yang selalu memberinya makan.

3. Tidak hanya memberinya makan, Anda juga harus sering mengajaknya berinteraksi agar lebih dekat. Ajak si otter bermain-main, berbicara, dan memanggilnya dengan nama yang sudah diberikan agar ia cepat mengenali Anda.

4. Otter mempunyai insting alami yaitu menggigit, jangan takut untuk "bermain-main" dengan menyerahkan jari Anda padanya. Seperti kucing yang bisanya bermain-main dengan menggigit jari Anda, otter pun juga demikian.

5. Jika dia sudah mulai akrab dengan Anda, mulai pancing dia untuk makan di luar kandang sambil elus-elus lehernya dengan perlahan. Beri dia perhatian dan kasih sayang, untuk itu Anda diharuskan bersabar saat memelihara hewan khususnya hewan liar.

6. Cara menjinakan otter bisa juga dilakukan dengan mengajaknya jalan-jalan. Agar lebih aman pasang harness dibadannya, ini juga mencegah agar otter tidak kabur. Waktu yang tepat untuk mengajak otter jalan-jalan yaitu pada pagi hari dan pada sore hari.

Itulah beberapa tips dan cara menjinakan otter atau berang berang untuk Anda yang belum berpengalaman dalam memelihara hewan liar sejenis otter. Jangan menyerah jika percobaan di atas belum berhasil, Anda harus tetap memberikan kasih sayang kepada otter dan melakukannya berulang kali. 




Related Posts

Cara Tepat Menjinakan Otter atau Berang Berang Liar
4/ 5
Oleh

Related Post