Rabu, 26 April 2017

Jangan Sembarangan, Kenali Jenis Jenis Otter yang Dapat Dipelihara Berikut!

Jangan Sembarangan, Kenali Jenis Jenis Otter yang Dapat Dipelihara Berikut!


Jenis - jenis otter atau berang berang yang dapat dipelihara - Bagi sebagian orang otter atau berang berang adalah hewan asing yang sangat tabu untuk dipelihara apalagi di Indonesia hewan mamalia semi-akuatik ini dianggap sebagai hama yang mengganggu para petani dan pemilik tambak.

Padahal sebenarnya otter dapat dijadikan hewan peliharaan maupun sahabat bagi manusia yang sangat menggemaskan karena hewan yang mirip dengan musang ini memiliki kecerdasan seperti anjing sehingga dapat dilatih.

Untuk menjadikan otter sebagai sahabat kita memang memerlukan perawatan yang ekstra baik dari segi makanan, karena otter merupakan hewan karnivora terutama pemakan ikan jadi Anda harus siap mengeluarkan uang cukup banyak untuk makanan otter. Selain itu mamalia menggemaskan ini bau jika tidak dirawat dengan tepat, untuk itu selalu jaga kebersihan kandang dari kotoran.

Otter atau berang berang memiliki tiga belas spesies dengan tujuh genus yang tersebar di hampir seluruh dunia. Untuk mengenali jenis - jenis otter atau berang berang yang dapat dipelihara di Indonesia, berikut wikiotter akan menjelaskan secara rinci.

Jenis - jenis Otter Indonesia

1. Lutra sumatrana atau berang - berang hidung berbulu

lutra sumatrana - wikiotter
Lutra Sumatrana - Berang berang hidung berbulu
Jenis otter yang satu ini memiliki ciri - ciri terdapat bulu di sekitaran hidungnya, habitanya tersebar mulai dari Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia dapat ditemukan di Sumatra dan Kalimantan. Namun jenis berang berang ini terdaftar sebagai spesies dilindungi berdsarkan PP Mo.7 Tahun 1999.

2. Lutra lutra atau berang - berang utara

Lutra lutra atau berang - berang utara - wikiotter
Lutra lutra - berang berang utara
 Otter dengan ukuran tubuh yang mencapai 1 meter dengan berat 7kg ini hidupnya ditempat basah atau berair seperti air laut, sungai, danau, rawa, air tawar dan air payau. Penyebaran otter jenis lutra lutra ini lebih luas dari jenis sebelumnya yaitu dari Afrika timur laut, Eropa dan Asia. Karena termasuk hewan langka maka di Indonesia dilindungi PP no.7 tahun 1999.

3. Aonyx cinereus atau berang - berang cakar kecil

Aonyx cinereus atau berang - berang cakar kecil-wikiotter
Aonyx cinereus - berang  berang cakar kecil
Berang - berang cakar kecil ini adalah jenis berang - berang yang bisa dipelihara dan sudah biasa hidup berdampingan dengan manusia. Ukurannya kecil menggemaskan sekitar 65-70 cm dengan berat badan 5 kg. Tingkahnya sangat lucu, otter ini senang bermain - main dan dapat berdiri dengan kedua kaki belakangnya.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Otter untuk Hewan Peliharaan

4. Lutrogale perspicillata atau berang - berang bulu licin

Lutrogale perspicillata atau berang - berang bulu licin-wikiotter
Lutrogale perspicillata - berang berang bulu licin
 Otter berukuran jumbo sepanjang 1,2 meter dengan berat 11 kg mempunyai populasi terbesar yang ditemukan di Indonesia. Jenis ini adalah perenang yang kuat, hidup berkelompok dan suka berburu di daerah yang dangkal. Sama seperti otter cakar kecil, jenis ini juga suka bermain - main.

Itulah jenis - jenis otter atau berang berang yang dapat dipelihara ataupun yang tidak dapat dipelihara karena dilindungi oleh peraturan pemerintah. Jika Anda ingin memelihara otter sebaiknya harus bijak dan memperhatikan peraturan yang ada.

Related Posts

Jangan Sembarangan, Kenali Jenis Jenis Otter yang Dapat Dipelihara Berikut!
4/ 5
Oleh

Related Post